Waktu Yang Tepat Menentukan Pencarian Internal atau Eksternal

11 Apr 2019 Uncategorized

Kadang Rekan HR dihadapkan kepada pilihan yang sedikit rumit. Mengambil talent dari luar atau merekrut secara internal karyawan yang sudah bekerja di perusahaan rekan-rekan. Untuk membantu hal itu, kami memberikan beberapa catatan kelebihan-kelebihan dari pencarian talent secara internal dan eksternal. Jadi nantinya Rekan HR bisa menentukan sendiri pencarian apa yang akan dilakukan.

Kelebihan Pencarian Internal

1. Lebih Hemat Biaya

Kita tahu berapa biaya yang perlu dilakukan untuk mencari seorang karyawan baru. Ini salah satu kelebihan pencarian internal, semua biaya bisa dipangkas karena semua data dan informasi mengenai seorang talent bisa dengan mudah didapatkan.

2. Lebih Mudah dan Cepat Dilakukan

Pencarian waktu yang tepat bagi kedua belah pihak untuk melakukan sebuah interview salah satu contoh mengapa pencarian eksternal lebih meguras waktu dibandingkan pencarian internal yang pasti lebih mudah untuk menyesuaikan jadwal. Dengan catatan, semua pihak sudah mengetahui dan menyetujui proses perekrutan ini.

3. Membangun Semangat Karyawan

Jika si A dari divisi B bisa pindah ke posisi lebih tinggi ke divisi lainnya Sudan pasti memberikan harapan baru bagi karyawan yang ingin berkarir di sebuah perusahaan. Ini mengisyaratkan bahwa jenjang karir itu jelas ada di perusahaan tempat mereka bekerja.

4. Hasil Yang Sukses Lebih Banyak

Sebuah penelitian dari The Saratoga Institute mengungkapkan bahwa 40-60% pensaria eksternal tidak seberhasil 25% pencarian yang dilakukan secara internal. Ini hanya satu bukti bahwa seseorang yang berkarir lama akan mempunyai pandangan yang lebih luas dan menyeluruh akan masalah-masalah yang muncul di perusahaan mereka.

Kelebihan Pencarian Eksternal

1. Skillset Yang Dibutuhkan Lebih Mudah Ditemukan

Biasanya, eksternal hire mempunyai skillset yang lebih baik dari kandidat-kandidat internal. Apalagi pika kandidat eksternal itu sudah lama menjadi profesional di bidangnya. Sudah bisa dipastikan pencarian eksternal akan memiliki kualifikasi yang lebin baik.

2. Sudut Pandang Yang Lebih Segar

Karyawan yang diambil dari luar akan memiliki sudut pandang yang lebih baru dan segar. Hal ini karena dia bleu terpengaruh dengan aturan-aturan baku yang selama ini berlaku di perusahaan yang dia baru saja bergabung. Mereka sangat mungkin memunculkan ide-ide segar dan baru melalui sudut pandang mereka yang seringkali tidak dimiliki oley kandidat internal.

3. Secara Garis Besar: Lebih Berpengalaman dan Berpendidikan

Ini adalah hail studi yang dilakukan oleh Bidwell’s Research. Menurut penelitian itu, mäsk memiliki potensi kegagalan yang lebih besar, kandidat eksternal memiliki peluang dipromosikan lebih cepat di dua tahun pertama mereka bekerja.

Kini setelah mengetahui secara telas kelebihan masing-masing jenis perekrutan, Rekan-Rekan HR bisa menentukan sendiri mana jenis proses perekrutan yang paling tepat untuk sebuah posisi. Karena kami yakin, Rekan-Rekan HR memiliki kebutuhan-kebutuhan yang berbeda untuk tiap-tiap posisi yang membutuhkan karyawan baru.

Jika Rekan HR membutuhkan bantuan untuk perekrutan, silakan hubungi MEVIS yang secara profesional memberikan jasa human resources dan background screening.

Info lebih lanjut tentang jasa rekrutmen, hubungi MEVIS melalui alamat-alamat kontak berikut:
Telepon : (021) 754 4008
Whatsapp : 0811 1954 100
Email : info@mevisindo.com
Website : www.mevisindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Search

+
Contact us via Whatsapp at 0811 1954 100
Powered by
WhatsApp chat