Menjadi Agent of Change di Perusahaan Anda

13 Mar 2019 Uncategorized

Bagi sebagian orang, perubahan adalah sesuatu yang kadang menakutkan. Pola pikir yang bisa jadi berasal dari keinginan untuk menikmati zona nyaman. Zona nyaman tidak selamanya buruk, tapi jika kita bisa melakukan perubahan positif di sebuah organisasi, kemajuan dan perbaikan akan bisa kita nikmati bersama. Sebagai partner Anda melakukan perubahan positif, Meta Visio Indonesia akan mengupas bagaimana cara menjadi agen of changedi organisasi atau perusahaan Anda.

Perubahan baik itu seringkali diasosiasikan denganreformasimenuju good governance. Apa pun tujuan akhirnya, perubahan ke arah lebih baik sudah pasti didambakan oleh setiap orang di dalam sebuah perusahaan atau organisasi.

Menjadi agent of changetidaklah mudah. Bahkan, sangat melelahkan. Orang yang berniat menjadi agent of change kadang tidak mengerti harus memulai dari mana. Pertanyaan yang muncul adalah apakah menjadi katalis perubahan berarti membuat orang-orang mengikuti, atau soal mencari partner dan kolaborator yang tepat untuk kemudian berbaiat menjadi agent of change?

Pertanyaan-pertanyaan tadi menyiratkan bahwa selain tidak mudah, Anda sedang mendedikasikan waktu Anda untuk membuat sebuah gerakan. Bersikap keras dalam rangka mewujudkan perubahan yang didambakan bisa saja dilakukan. Tetapi, apakah hasilnya akan maksimal dan (yang lebih penting) bertahan lama? Sepertinya cara-cara kolaboratif akan memberikan hasil yang lebih baik.

Meski kita tahu, individu-individu yang menjadi katalis dalam sebuah perubahan besar memiliki karakter yang beragam, ada beberapa kesamaan ciri tindakan dari ide perubahan yang mereka syiarkan loh. 

Jadi Diri Sendiri

Jangan takut untuk menjadi diri sendiri. Percayalah bahwa setiap ide perubahan itu memang harus dimulai dari mengakui kekurangan yang dimiliki masing-masing individu dan organisasi yang menaunginya. Menjadi diri sendiri berarti mengakui kekurangan itu kemudian memperbaikinya dan menguatkan kelebihan yang telah dimiliki. Kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh setiap agent of change akan memberikan keunikan sendiri dalam gerakan yang sedang dibangun. 

Mulai dari Diri Sendiri

Iya sih, mulai dari hal yang kecil dan dari diri sendiri itu terlampau klise, tapi hal ini memang penting dilakukan. Seperti kutipan penyair terkenal, Rumi, “Kemarin aku sangat pintar dan ingin mengubah dunia. Hari ini aku bijak, aku mengubah diriku sendiri.” Sepertinya ucapan Rumi itu bukanlah sebuah hal yang rumit untuk dipahami. Semua berawal dari diri sendiri. 

Sesuatu Yang Anda Sangat Suka

Dasar dari perubahan besar yang Anda coba lakukan saat ini haruslah berdasar dari sesuatu yang Anda sangat suka dan paham. Apa pun itu. Sekecil apa pun itu. Kemudian berikan contoh untuk hal ini. Misal, untuk mengubah kebiasaan pemborosan dana di perusahaan, Anda bisa mulai dengan menjadikan sisa kertas print untuk dijadikan buku catatan. Bisa berawal karena Anda suka sekali dengan crafting. 

Ubah Persepsi Anda

Mengubah sudut pandang dan cara pandang Anda menjadi lebih positif akan membuat sebuah perubahan besar. Jika belum untuk orang lain, setidaknya akan Anda rasakan langsung. Pola pikir yang penuh dengan harapan akan menjadikan Anda individu yang penuh dengan virus positif.

Bangun Kepercayaan dengan Rekan

Seseorang akan bekerjasama, loyal, dan mengikuti orang yang dia percaya. Prinsip ini menjadi dasar yang akan membantu Anda menemukan teman-teman seide yang akhirnya secara sukarela bergabung di gerakan yang Anda cetuskan.

Bangun Visi Anda dengan Jelas

Visi Anda mengenai perubahan harus dibangun dengan baik dan jelas. Komunikasikan visi ini secara konsisten di tingkah laku Anda. Jadilah individu yang mudah ditebak mengenai kode etik yang Anda pegang dalam bersikap dan menghadapi sebuah persoalan. Sehingga orang akan bisa menerka, seperti apa jawaban yang akan Anda berikan dalam memecahkan masalah tertentu.

Pertimbangkan Kembali Tujuan Anda

Ketika langkah yang Anda ambil sudah mengalami beberapa langkah maju, pertimbangkan kembali tujuan Anda. Jika Anda yakin perubahan yang sedang dituju adalah untuk kebaikan seluruh pihak, bukan hanya segelintir individu tau kelompok, maka lebih mudah untuk membuat percikan perubahan yang coba Anda tawarkan menjadi sebuah gerakan besar.

Sebagai penutup, menjadi agen of changemembutuhkan niat teguh untuk menguatkan sinyal perubahan Anda hingga menjangkau lebih banyak orang lagi. Di kemudian hari, orang-orang yang bervisi sama akan tertarik secara otomatis ke arah Anda dan dengan senang hati mendukung bahkan melakukan sebuah atau serangkaian tindakan spesifik yang telah Anda rencanakan.

Punya pendapat lain mengenai hal ini? Yuk share di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Search

+
Contact us via Whatsapp at 0811 1954 100
Powered by
WhatsApp chat