Mengelola Karyawan di Perusahaan Multinasional

1 Mar 2019 Blog Posts

Mengelola karyawan di perusahaan multinasional itu ternyata beda loh dengan mengelola karyawan di perusahaan lokal. Agar Rekan HR bisa menambah wawasan, kita simak tipsnya di artikel ini yuk!

Manajemen karyawan adalah hal yang sangat penting. Di perusahaan lokal hal ini sudah pasti kerap dilakukan. Sementara di perusahaan multinasional, beberapa perbedaan karakteristik membuat penerapannya berbeda juga.

Apa yang membuat perusahaan multinasional berbeda dalam hal manajemen karyawan? Hal paling mendasar adalah karena lingkungan dan budaya organisasi lebih kompleks demi memenuhi kebutuhan karyawan yang terdiri dari berbagai latar belakang kebudayaan.

Target market perusahaan lintas negara, selain sumber daya manusia yang sangat besar, menimbulkan masalah yang juga cukup kompleks. Perusahaan multinasional perlu menyusun strategi yang berbeda dalam perekrutan karyawan asing bandingkan dengan mengelola karyawan yang hanya terdiri dari sumber daya lokal. Beberapa penyebab misalnya; kondisi ekonomi dan standar hidup negara tempat perusahaan itu menjalankan bisnis.

Membangun budaya perusahaan yang dikembangkan sendiri -terlepas dari budaya lokal negara- bisa menjadi salah satu cara mengatasi masalah perbedaan budaya dan diharapkan menumbuhkan rasa memiliki bagi karyawan asing.

Diberikannya kesempatan bagi karyawan yang berbeda latar belakang budaya untuk saling mengenal juga salah satu cara yang baik untuk mengatasi masalah perbedaan budaya. Dengan saling mengenal budaya satu sama lain, tingkat toleransi dan cara berkomunikasi yang baik akan terbangun.

Contoh konkretnya adalah dengan tindalkan proaktif memberikan pelatihan dan knowledge sharing mengenai budaya lokal bagi karyawan asing yang bekerja di perusahaan multinasional. Karyawan asing dilatih untuk menerima perbedaan pola pikir karyawan lokal akibat latar belakang budaya yang berbeda.

Bisa digarisbawahi bahwa di perusahaan multinasional, staff management menjadi hal yang sangat krusial demi tercapainya tujuan-tujuan bisnis perusahaan. Manager dan kepala human resources department memainkan peran yang sangat penting untuk kemajuan dan produktivitas divisi human resources di setiap perusahaan, terutama di perusahaan multinasional.

Perekrutan karyawan asing yang biasanya menempati posisi-posisi puncak di sebuah departemen -bahkan di perusahaan- pun bukan lah hal yang mudah. Maka sangat wajar jika banyak perusahaan multinasional menggunakan jasa konsultan rekrutmen untuk posisi top executives di perusahaan mereka.

Meta Visio Indonesia, sebuah perusahaan konsultan yang mengkhususkan diri di bidang human resources, perekrutan dan background checking telah berpengalaman melakukan rekrutmen posisi top level management seperti yang banyak dibutuhkan perusahaan multinasional.

Info lebih lanjut tentang rekrutmen top level management, hubungi Meta Visio Indonesia melalui alamat-alamat kontak berikut:
Telepon : (021) 754 4008
Whatsapp : 0811 1954 100
Email : info@mevisindo.com
Website : www.mevisindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Search

+
Contact us via Whatsapp at 0811 1954 100
Powered by
WhatsApp chat