Memilih Kandidat Yang Tepat di antara Beberapa Kandidat

28 Mar 2019 Blog Posts

Rekan HR pasti tahu betapa sulitnya mencari kandidat yang cocok untuk sebuah posisi. Tapi ada juga kasus ketika kita mendapatkan lebih dari satu kandidat yang cocok. Bagaimana cara menentukan pilihan?

Perhatikan CV dan Surat Lamaran
Jika telah sampai di tahap memilih, maka beberapa tahap sudah dilalui. Jangan sungkan kembali ke tahap awal dengan membuka kembali CV dan surat lamaran kandidat. Biasanya kita akan menemukan bah kandidat A ternyata memiliki satu dua hal yang lebih dibandingkan kandidat lain atau sebaliknya. Ini bisa menjadi bahan pertimbangan.

Evaluasi Etika dan Sikap Kerja
Bagaimana etika dan sikap kerja seseorang akan berpengaruh dengan prestasinya dan juga dengan bagaimana dia akan memposisikan diri di lingkungan perusahaan. Ini akan menentukan berhasil atau tidak dan cepat atau lambat proses adaptasinya ke lingkungan kerja.

Perhatikan Pengalaman dan Pencapaiannya
Bagaimana seorang karyawan berprestasi di masa sebelumnya bisa jadi indikator bagaimana dia akan perform di perusahaannya yang baru. Jadi lika ada pengalaman dan pencapaian seorang kandidat yang lebih cocok dengan kebutuhan posisi yang akan diisi, maka kandidat tersebut mempunyai bobot penilaian lebih tinggi.

Mau Mengembangkan Diri
Jika kandidat sama di sisi kualifikasi dan bahkan pengalaman kerja, carilah yang masih berusaha dan ingin memperbaiki dan mengembangkan dirinya. Ini akan membuat kandidat mudah untuk diberikan pelatihan-pelatihan baru yang yang meningkatkan potensi dirinya. Alih-alih mengeluh diberikan tugas tau assignment baru, dia akan dengan senang hati menjalaninya.

Tanyakan 5 Pertanyaan
Akhirnya, jika semua sudah dilakukan, maka hal terakhir adalah menanyakan kelima pertanyaan ke diri kita sendiri:

  • Apakah kandidat ini bisa melakukan pekerjaannya?
  • Apakah mereka termotivasi dalam mengerjakan pekerjaannya?
  • Apakah kandidat tertarik mempelajari skill baru?
  • Apakah dia bisa diajari hal baru dan diberikan pelatihan?
  • Apakah dia akan cocok di Tim yang akan menerimanya sebagai angota baru?

Jika semua hal ini sudah dilakukan, Rekan HR pasti sudah cukup siap dengan pilihan yang akan dikantongi. Meski ada satu pertanyaan menarik yang Rekan HR tanyakan ke pihak-pihak yang melakukan perekrutan, “Kenapa tidak pilih lebih dari satu?” Semoga pertanyaan ini tanya menggelitik dan tidak membuat rekan HR kembali bingung memilih.

Jika Rekan HR merasa membutuhkan bantuan, MEVIS sebagai konsultan perekrutan karyawan bisa memberikan bantuan dalam bidang human resources, perekrutan dan background checking. MEVIS telah berpengalaman memilih kandidat terbaik dari beberapa kandidat yang cocok untuk sebuah posisi.

Info lebih lanjut tentang jasa rekrutmen, hubungi MEVIS melalui alamat-alamat kontak berikut:
Telepon : (021) 754 4008
Whatsapp : 0811 1954 100
Email : info@mevisindo.com
Website : www.mevisindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Search

+
Contact us via Whatsapp at 0811 1954 100
Powered by
WhatsApp chat