Membangun Hubungan Baik antara HR dan Karyawan

1 Mar 2019 Blog Posts

Sumber daya manusia adalah aset bagi sebuah organisasi dan perusahaan. Oleh karenanya, salah satu tugas HRD dalam manajemen sumber daya manusia adalah membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan karyawan. Sebelum hubungan karyawan dan perusahaan terjalin baik, HRD harus terlebih dahulu memulai hubungan yang terbuka, baik, mutual, dan produktif. Bagaimana caranya? Yuk simak artikelnya!

Pahami Latar Belakang Karyawan
Setiap karyawan pasti memiliki latar belakang yang berbeda satu sama lain. Mengenal dan memahami latar belakang karyawan akan memudahkan Rekan HR untuk memilih cara berkomunikasi yang bisa diterima dengan baik oleh masing-masing karyawan.

Luangkan Waktu untuk Karyawan
Untuk bisa memahami karyawan dengan kebutuhan-kebutuhannya, Rekan HR sebaiknya meluangkan waktu informal untuk membuat mereka nyaman menyampaikan kendala-kendala yang mungkin sulit untuk diungkapkan dalam sebuah meeting terbuka.

Komunikasi Dua Arah
Mendengarkan karyawan akan sama pentingnya dengan memberikan mereka arahan dan peraturan. Setiap insight yang mereka sampaikan akan membuat setiap kebijakan yang dibuat tepat sasaran dan efektif sehingga membantu pertumbuhan bisnis perusahaan.

Libatkan Karyawan dalam Keputusan HR
HRD, manajemen dan manajer, seharusnya melibatkan karyawan ketika akan mengambil keputusan yang terkait dengan sistem kerja dan pengelolaan SDM di perusahaan. Hal ini sering kali diabaikan oleh perusahaan sehingga di masa depan, kebijakan atau keputusan tersebut malah menjadi kendala perencanaan SDM.

Sediakan Fasilitas Bagi Karyawan
Kenyamanan karyawan bisa ditingkatkan dengan memberikan mereka fasilitas yang baik untuk bekerja. Semua ini akan berimbas positif ke produktivitas karyawan. Ketika kebutuhan bekerja mereka bisa dipenuhi, tingkat kepercayaan karyawan terhadap HRD, bahkan terhadap perusahaan dipastikan akan meningkat.


Meta Visio Indonesia adalah perusahaan konsultan perekrutan yang memberikan solusi tepat dan efektif bagi perusahaan-perusahaan untuk menemukan calon-calon karyawan di era persaingan perekrutan yang semakin ketat. Meta Visio Indonesia memberikan jasa background screening, recruitment services, dan juga jasa-jasa lainnya di bidang human resources dan perekrutan talent.

Info lebih lanjut, hubungi Meta Visio Indonesia melalui alamat-alamat kontak berikut;
Telepon : (021) 754 4008
Whatsapp : 0811 1954 100
Email : info@mevisindo.com
Website : www.mevisindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Search

+
Contact us via Whatsapp at 0811 1954 100
Powered by
WhatsApp chat