Dalam menentukan calon karyawan yang paling tepat untuk menduduki sebuah posisi, Rekan HR biasanya dibantu oleh dua hal; curriculum vitae (CV) kandidat yang bersangkutan dan referensi dari pihak tertentu yang merekomendasikannya. Di artikel ini, MEVIS akan memberikan sekelumit hal yang bisa membantu Rekan HR memanfaatkan dua alat bantu untuk background screening ini. Yuk, baca dan diskusi di kolom komentar!

Bagi rekan-rekan HR, CV (selain surat lamaran kerja) calon karyawan bisa dijadikan alat untuk mencari informasi penting seperti berikut;

1. Pengalaman Kerja

Meski ada skill, tingkah laku, dan karakter umum yang harus dimiliki oleh seorang karyawan untuk bisa berkembang menjadi seorang profesional, ada hal-hal khusus yang harus dimiliki seorang kandidat untuk menempati sebuah posisi. Misalnya seorang dengan posisi supervisory atau bahkan managerial level harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas dalam bidang pekerjaan dan industri yang akan dia masuki. Ini bisa dilihat dari pengalaman kerjanya selama ini. Hal umum ini bisa dilihat di CV kandidat selain juga hal khusus lain. Misalnya, seorang tenaga ahli pemasaran harus memiliki pengetahuan yang baik dalam hal branding atau merek.

2. Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan seseorang bisa menjadi hal yang menentukan dalam membuatnya cocok mengisi sebuah posisi. Seseorang yang tidak memiliki banyak pengalaman kerja, latar belakang pendidikannya bisa membantunya lancar beradaptasi dan berkontribusi dalam pertumbuhan bisnis perusahaan.

3. Keahlian, Pengetahuan, dan Kompetensi

Tidaklah mudah menemukan seorang kandidat yang memiliki semua keahlian, pengetahuan, dan kompetensi yang dibutuhkan. Maka, kuncinya bukanlah bagaimana memperbanyak checklist yang bisa diisi oleh seorang calon. Namun, bagaimana pengalaman kerja seorang calon karyawan, mampu membantunya mempelajari keahlian, pengetahuan, dan kompetensi baru di posisi dan perusahaan barunya.

4. Kepribadian dan Nilai Yang Dipegang

Ketika memproses seorang kandidat, CV yang disampaikan ke HRD, biasanya tidak akan cukup berbicara mengenai kepribadian dan nilai yang dipegang oleh seorang karyawan. Karenanya Rekan HR hanya bisa menebak bagaimana kepribadian dan nilai yang dipegang oleh seorang calon karyawan. Apakah dengan kepribadian yang dimilikinya itu membuatnya cocok bekerja di sebuah perusahaan atau tidak.

Dari empat hal yang telah disampaikan di atas, dua hal terakhir bisa dibilang akan kurang akurat jika ditentukan hanya melalui CV. Di sinilah kegiatan crosscheck ke referensi yang diberikan oleh seorang calon atau ke orang yang telah merekomendasikan memainkan peranannya.

Jika dipersingkat, berikut adalah hal-hal yang bisa kita dapatkan ketika melakukan crosscheck referensi atau orang yang merekomendasikan.

Pertama, kita bisa menanyakan mangenai kemampuan dan keandalan seorang calon dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan di posisi yang akan diisi olehnya. Kedua, kita bisa menanyakan juga bagaimana dia mampu memberikan kontribusi maksimal ke perusahaan nantinya.

Ketiga, hal seperti pencapaian dalam pekerjaan juga bisa didapatkan melalui proses crosscheck referensi atau orang yang merekomendasikannya. Data yang diperoleh ini bisa jadi berbeda hasilnya dengan melakukan interview ke kandidat langsung.

Keempat, informasi tentang bagaimana lingkungan kerja yang diinginkan dan dibutuhkan oleh seorang calon karyawan juga bisa dikumpulkan datanya lewat crosscheck ke referensi dan orang yang merekomendasikan. Hal ini penting untuk membuat karyawan nyaman bekerja dan akhirnya berkontribusi positif ke perusahaan.

Hal kelima yang bisa ditaksir melalui proses cek referensi atau orang yang merekomendasikan adalah bagaimana pendekatan yang paling baik untuk mengembangkan potensi seorang kandidat. Terakhir, dan yang paling penting, adalah memberikan pertanyan berikut ke orang tersebut, “Apakah anda akan merekomendasikan kandidat ini?”

Jadi, jika ada pertanyaan mengenai, “Mana lebih penting, CV atau rekomendasi?” muncul ke permukaan, Rekan HR pasti sudah tau bagaimana menjawabnya kan?

Punya pendapat dan pemikiran lain mengenai hal ini? Silakan langsung ketik di kolom komentar yah. Yuk, diskusi!

================================================

Jika Rekan HR membutuhkan bantuan untuk perekrutan, silakan hubungi MEVIS yang secara profesional memberikan jasa human resources dan background screening.

Info lebih lanjut tentang jasa rekrutmen, hubungi MEVIS melalui alamat-alamat kontak berikut:

Telepon           : (021) 754 4008

Whatsapp        : 0811 1954 100

Email               : info@mevisindo.com

Website           : www.mevisindo.com

 [