Cara Menemukan Best Performance Talent

8 Mar 2019 Blog Posts

Setiap perusahaan memiliki metode perekrutan karyawan masing-masing sesuai dengan kriteria karyawan yang dibutuhkan. Setiap posisi juga memiliki kriteria masing-masing dalam iklan pencarian karyawan. Hal ini membuat karyawan mudah mengidentifikasi pekerjaan yang cocok dengan mereka. Dari sisi perusahaan, bagaimana cara Rekan HR menemukan talent dengan performa terbaik di sebuah posisi? Simak rangkumannya di artikel ini yah!

Dalam mencari talent dengan best performance, skill, pengalaman, dan knowledge yang talent miliki bukanlah yang utama. Jadi apa dong? Ternyata, coachability-lah faktor penentu seseorang bisa memiliki performa paling baik di sebuah posisi. Coachability atau kondisi dan sikap mental seseorang yang bisa dan mudah dilatih menjadikan kendala karyawan baru bisa diminimalisasi bahkan dihilangkan.

Ada frasa menarik ketika perusahaan mencari karyawan, “Kandidat yang baik memiliki skill, pengalaman, dan knowledge, tapi kandidat yang hebat memiliki kemampuan untuk dilatih.”

Coachability ini menentukan bagaimana seseorang mampu berkontribusi secara maksimal dalam bisnis perusahaannya. Jika memang coachability itu adalah faktor utama yang dibutuhkan untuk menjadi best performance talent, bagaimana cara menemukan talent dengan kriteria ini? Setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan seperti berikut; Antusiasme, Inisiatif, dan Perbaikan Diri.

Antusiasme
Best performance talent akan sangat mengapresiasi segala bentuk pelatihan yang diberikan dengan apresiatif dan antusias. Sikap bisa dilatih dan dibimbing akan membuat mereka bisa dengan mudah beradaptasi dan bekerja dengan atasan dan rekan mereka.

Seringkali talent menunjukkan sikap negatif dengan mengganggap remeh bentuk-bentuk pengembangan skill yang mereka miliki dengan alasan mereka telah memiliki pengetahuan yang cukup untuk skill yang mereka kuasai.

Talent yang akan terus berperforma baik, sebaliknya, akan menunjukkan sikap antusias mengenai arahan atasan atau program pelatihan yang membuat mereka memiliki kualitas skill yang lebih baik lagi. Bahkan, mereka akan menawarkan diri mengikuti pelatihan dan program pengembangan skill. Lebih jauh lagi, mereka melakukannya secara mandiri tanpa menunggu arahan atau perintah.

Inisiatif
Kalimat terakhir dari paragraf di atas menjadi kunci bagi ciri kedua dari best performance talent: inisiatif. Memiliki sifat coachable membuat seseorang aktif mencari cara untuk memperbaiki diri mereka. Ini bisa menjadi indikasi bahwa talent ini akan mampu atau setidaknya berusaha memberikan kontribusi terbaiknya bagi perusahaan.

Talent yang sangat mudah dilatih bahkan bisa dilepas dengan sedikit arahan, petunjuk, dan ide untuk menjalankan sebuah tugas yang diberikan kepada mereka. Pun tugas tersebut adalah sesuatu yang baru bagi mereka.

Perbaikan Diri
Satu hal yang perlu diperhatikan, mengakui mereka membutuhkan sebuah pelatihan kadang sedikit menakutkan bagi talent. Dengan menyatakan membutuhkan pelatihan, secara tidak langsung mereka mengakui bahwa ada kekurangan di diri mereka.

Meski ketakutan ini adalah hal yang wajar, talent-talent dengan sifat yang coachable menempatkan perbaikan diri di atas semua penghakiman akan kekurangan mereka. Dibutuhkan keberanian dan yang pasti kerendahhatian untuk mengakuinya.

Talent-talent yang coachable akan menceritakan pengalaman mereka di-coaching oleh atasan atau pihak lain di perusahaan mereka sebelumnya.

Hal-hal di atas tidak hanya penting untuk menemukan kandidat terbaik saat interview, tetapi juga untuk talent scouting internal di sebuah perusahaan. Satu hal lagi yang perlu diingat, ketika sebuah perusahaan merekrut karyawan dengan sikap coachable, perusahaan tersebut memiliki konsekuensi untuk memberikan pelatihan yang cukup bagi mereka. Jika atasan atau perusahaan gagal mengakomodasi hal ini, karyawan-karyawan ini akan mencari tempat atau lingkungan baru dengan peluang pertumbuhan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Search

+
Contact us via Whatsapp at 0811 1954 100
Powered by
WhatsApp chat