Background Screening dan Tantangannya

24 Apr 2019 Uncategorized

Background screening adalah sebuah proses yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk memverifikasi kebenaran data-data calon karyawan. Di artikel ini, MEVIS akan mengulas lebih dalam mengenai background screening dan tantangan-tantangan yang dihadapi oleh Rekan HR dalam melakukan proses ini.

Berikut merupakan beberapa contoh informasi dalam resume kandidat yang dapat kita verifikasi sebagai salah satu langkah Background Screening:

1. Latar Belakang Pendidikan

Dalam proses rekrutmen sering ditemui oleh Rekan HR, seorang calon karyawan memalsukan data riwayat pendidikan dan hasil pendidikannya agar bisa memenuhi syarat melamar ke sebuah perusahaan. Hal ini bisa diantisipasi dengan melakukan cek keabsahan riwayat pendidikan ke lembaga pendidikan terkait yang telah diklaim oleh calon karyawan dalam resumenya.

2. Riwayat Pekerjaan

Hal ini juga sangat umum dilakukan oleh calon karyawan. Riwayat pekerjaan yang ada di resume seorang calon karyawan bisa dikroscek ke perusahaan sebelumnya. Hal ini untuk memastikan bahwa calon karyawan bisa melakukan tugas di perusahaan barunya karena memang memiliki pengalaman yang sesuai dengan pekerjaan yang sedang dia lamar.

3. Pengecekan Aktivitas Soial Media

Di era digitalisasi seperti saat ini, social media juga menjadi salah satu media yang dapat digunakan rekan-rekan HR dalam melakukan background screening. Tidak bisa dipungkiri bahwa social media saat ini dapat mencerminkan perilaku dari para penggunanya. Oleh Karena itu, penting bagi kita untuk melakukan background screening terhadap social media para kandidat, baik itu untuk mencari tahu soal perilaku dan karakter kandidat maupun keaktifan kandidat dalam organisasi atau grup tertentu.

4. Pengecekan Catatan Kriminal

Catatan kriminal merupakan noda dalam riwayat hidup seseorang. Setiap calon karyawan tak sedikit yang berusaha menutupinya. Oleh karena itu, pengecekan ini penting untuk dilakukan karena dapat memberikan kepastian bahwa calon karyawan yang akan direkrut tidak pernah terlibat dalam tindak kriminal apapun. Hal ini ditujukan agar karyawan yang sudah direkrut nantinya tidak akan memberikan ancaman terhadap perusahaan/konsumen, atau memiliki kemungkinan menciptakan lingkungan kerja yang tidak aman.

Jika sekelumit mengenai apa itu background screening telah kita ketahui. Bagaimana dengan tantangan yang dihadapi dalam melakukan background screening? Berikut ini beberapa tantangan yang sering kali ditemui dalam melakukan background screening.

1. Waktu Perekrutan

Dengan beban pekerjaan reguler yang dimiliki oleh Rekan HR, menambahnya dengan melakukan background screening untuk beberapa kandidat karyawan, tentu akan menambah beban kerja selain juga memperlama proses perekrutan. Di sisi lain, dengan beberapa alasan, sering kali user membutuhkan calon pekerja agar segera aktif bekerja. Tantangan waktu ini tentu membuat Rekan HR berupaya untuk mengefektifkan cara rekrutmen karyawan yang dibutuhkannya.

2. Meningkatkan Kualitas Background Screening

Dengan melakukan background screening secara tepat, kualitas karyawan yang direkrut pasti lebih baik. Rekan HR pasti mengerti bagaimana kualitas karyawan yang baik dan profesional akan mampu menggerakkan laju perusahaan lebih kencang lagi. Inilah mengapa, hasil background screening akan mempengaruhi bagaimana kualitas karyawan yang akan direkrut.

3. Verifikasi Data

Memverifikasi data-data yang sudah kami jelaskan di atas bukanlah hal mudah. Dibutuhkan sebuah keahlian dan pengalaman yang cukup untuk mampu mengekstraksi hasil yang maksimal dalam mengkonfirmasi data yang sudah diberikan oleh seorang calon karyawan.

Tiga hal di atas bukanlah keseluruhan tantangan yang dihadapi oleh Rekan HR dalam melakukan background screening. Masih banyak lagi daftar tantangan yang dihadapi. Bahkan oleh seorang profesional di bidang HR dengan pengalaman yang cukup.

Untuk menjawab kebutuhan Rekan HR dalam memenuhi kebutuhan background screening calon karyawan, MEVIS hadir dengan pelayanan yang akan memberikan kemudahan dan efisiensi waktu bagi Rekan-Rekan HR. Setiap proses background screening yang dilakukan oleh MEVIS, dilakukan dengan standar profesional yang menjamin hasil yang baik dan memuaskan.

Info lebih lanjut tentang jasa rekrutmen dan background screening, hubungi MEVIS melalui alamat-alamat kontak berikut:

Telepon           : (021) 754 4008

Whatsapp        : 0811 1954 100

Email               : info@mevisindo.com

Website           : www.mevisindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Search

+
Contact us via Whatsapp at 0811 1954 100
Powered by
WhatsApp chat